Tradisi Lompat Batu Nias yang Mengagumkan

1163 views

Admin percaya beberapa dari kalian yang sedang baca artikel ini sudah tidak asing lagi dengan Tradisi menarik dari pulau Nias. Tepat sekali, gambar Tradisi lompat batu Nias sempat terpajang di salah satu pecahan uang Rp.1000 mata uang Indonesia sebelum terganti oleh gambar Kapitan patimura hingga sekarang. Lompat batu atau didalam bahasa lokal dinamakan hombo batu adalah tradisi yang amat populer kepada masyarakat Nias di Kabupaten Nias Selatan. Tradisi tersebut sudah dilakukan semenjak dulu dan diwariskan turun-temurun oleh masyarakat di Desa Bawo Mataluo atau bahasa Indonesianya Bukit Matahari.

Lompat batu alias hombo batu telah dilaksanakan semenjak zaman para leluhur tuk berlatih perang sebab biasanya terjadi  perang antar suku. Sejalan dengan berkembangnya zaman, tradisi itu ikut berganti fungsinya. Sebab zaman saat ini mereka mulai tak bertempur lagi karenanya tradisi lompat batu dipergunakan bukan demi terbentuknya perang tetapi tuk ritual dan termasuk sebagai simbol budaya orang Nias. Tradisi lompat batu ialah peninggalan budaya tuk memilih apa seorang pemuda di Desa Bawo Mataluo bisa diakui menjadi pemuda yang sudah dewasa atau belum. Para pemuda tersebut bakal diresmikan sebagai lelaki pemberani bila bisa melompati sebuah gundukan batu yang dibangun sedemikian rupa yang ketinggiannya lebih dari 2 m.

Ada upacara ritual khas menjelang para pemuda melompati hombo batu. Sambil memakai pakaian adat, mereka lari dengan menginjak batu penyangga kecil lebih dulu tuk bisa melewati bangunan batu yang tinggi itu. Kini, sisa dari tradisi lawas itu, tengah jadi atraksi pariwisata yang mengagumkan, tidak ada duanya di dunia. Beraneka aksi dan gaya para pelompat saat sedang mengudara. Ada yang berani menjepit pedangnya dengan gigi.

Barangkali kalian berpikir melompati batu itu gampang. Jelas tergantung dari kemampuan kalian namun kalian musti tahu bila batu itu lumayan tinggi dan tidak sekadar melampaui susunan batu tetapi juga musti mempunyai teknik yang sempurna supaya terhindar dari cedera. Yang dinilai dalam hombo batu itu ialah cara mendarat pelompat tersebut. Dan bila mendarat dengan cara yang tidak benar, bisa jadi cedera otot dan patah tulang dapat terjadi. Saat kalian berkunjung ke Pulau Nias tentu kalian akan menemukan cukup banyak susunan batu yang dipakai tuk tradisi lompat batu.

Tags: #facebook wisata kepulauan seribu murah #kepulauan seribu tour murah #paket wisata ke pulau bidadari 2014 #penginapan pulau seribu murah #pulau seribu travel agent

Leave a reply "Tradisi Lompat Batu Nias yang Mengagumkan"

Author: